Minggu, 17 Mei 2015

Ukiran Kenangan Pengabdian Masyarakat di Kampung Sawah, Penas, Kalimalang, Jakarta Timur

Pelatihan Kepimpinan Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta masih berlangsung dengan beberapa rangkaian. Rangkaian kali ini merupakan pengabdian masyarakat yang menjadi penutup PKMUNJ2015 ini, pengabdian ini dilakukan pada sabtu, 9 mei 2015 sampai dengan sabtu, 16 mei 2015 di daerah Kp.sawah Penas, Kalimalang Jakarta timur.

Pada hari pertama kami yang terdiri dari 10 kelompok mendapatkan mandat dari panitia untuk mencari sumbangan dana dalam jangka waktu sehari dengan jumlah 15juta sehingga masing-masing kelompok harus mengumpulkan 1,5jt/kelompok. Sungguh jika kita berpikir ini bukan hal yang gampang untuk mendapatkan uang 15juta dengan waktu dari jam 13.30-17.00. Namun, Maha benar Allah dengan segala kekuasaannya, bahwasanya selalu ada Zat yang tak pernah tidur melihat usaha umatnya dalam membantu sesamanya, karena hal ini merupakan habluminannas.

Hari kedua, pembagian dilakukan kaum ikhwan membangun aula, mck, penerangan listrik dan penghijauan di wilayah ini, sedangkan akhwat melatih anak-anak sekitar sini dalam pendidikan, fokus Ujian Nasional, menari daerah, marawis, sehingga pada sore hari anak-anak beramai-ramai mengunjungi musholla untuk bertemu dengan kakak-kakak unj. Selain itu, para akhwat juga membantu ibu pkk dalam menyiapkan hidangan untuk para ikhwan yang berkerja membangun sarana prasarana. Hal itu pun berlanjut setiap harinya. Hingga hari terakhir.

Hari terakhir merupakan hari yang menjadi hari yang berat untuk warga kp.sawah dan kami, penutupan ini ditutup di aula dengan penampilan tari tradisional yamko rambe yamko serta manuk dadali, marawis, nyanyian terima kasih guruku, puisi dan lagu-lagu anak-anak. Selanjutnya, sambutan-sambutan dari bapak syofian hanif selaku wakil rektor III bidang kemahasiswaan Universitas Negeri Jakarta, ketua pelaksana PKMUNJ, ketua BEM UNJ dan ketua RT 01 Kp.sawah ini. Selain itu, di tempat yang berbeda peserta PKMUNJ mengumumkan pemenang lomba serta pembagian hadiah dan kenang-kenangan untuk adik-adik kami di kp.sawah.

Penutupan hari itu bagaikan hari yang berat walaupun penuh dengan kemeriahan, namun ketika malam hari suasana sedih muncul bahkan kami melihat tetesan air mata dari salah satu ibu di wilayah ini, tak jarang adik-adik meminta kami untuk hadir setiap hari libur, walau sebentar namun membekas di hati warga. Terima kasih sudah menerima kami dengan baik laksana saudara. Terima kasih adik-adikku sudah menjadi kenangan indah menemani rangkaian terakhir PKMUN2015.

#PKMUNJ2015
#LeadingTheChange
#PengabdianMasyarakat
#HidupMahasiswa
#HidupRakyatIndonesia






Tidak ada komentar:

Posting Komentar